Hi !

WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 06 September 2015

Roll cake by Junko

Ini adalah salah satu roll cake yang mudah sekali dibuat dirumah. Itu menurutku sih... dari sekian banyak resep roll cake. Ini adalah resep yang paling mudah untuk diikuti. So.. coba aja :)


Bahan :
Adonan kuning telur:
6 btr kuning telur
20 gr gula
60 gr fresh milk
45 gr minyak sayur/minyak goreng
100 gr tepung terigu protein rendah
15 gr tepung maizena
Untuk dekorasi/gambar:
20 gr putih telur (diambil dari 6 btr putih telur)
10 gr gula
Pewarna  makanan secukupnya (sebaiknya pilih pewarna jenis pasta)
Adonan putih telur:
5½ btr putih telur (sisa dari dekorasi)
70 gr gula
Filling:
Sesuai selera, bisa whipcream, ice cream, pasta/selai, dll
Cara membuat:
1. Kocok kuning telur dengan 20 gr gula hingga pucat, tambahkan susu cair dan minyak, aduk perlahan hingga rata. Ayakkan tepung terigu dan maizena sedikit-sedikit dan aduk rata. Sisihkan.
2. Ambil 30 gr adonan, beri pewarna sesuai selera.
3. Kocok bahan tambahan dekorasi hingga soft peak, lalu tambahkan adonan kuning telur secukupnya yang sudah diberi pewarna, aduk rata.
4. Masukkan adonan dekorasi ke dalam plastik segitiga dan mulai membuat motif. Bila terdiri dari beberapa warna, mulailah dari warna pertama lalu oven selama 1 menit pada suhu 170 °C. Keluarkan, lalu mulai melukis dengan warna kedua, oven lagi 1 menit, begitu seterusnya hingga seluruh motif selesai.
5. Kocok adonan putih telur hingga kaku, campurkan ke adonan sisa kuning telur, aduk rata. Tuang ke atas loyang yang sudah dilukis. Ketuk-ketuk bagian bawah loyang untuk mengeluarkan gelembung udara yang terperangkap di dalam adonan. Oven selama 12 – 13 menit (saya 15 menit) pada suhu 180 °C.

6. Setelah permukaannya kuning keemasan (kalau perlu 5 menit terakhir taruh loyang di rak atas), keluarkan dan dinginkan. Balik cake diatas selembar kertas roti. Lepaskan kertas roti bagian atas (bagian bermotif), hati-hati melepaskannya karena mungkin saja ada beberapa motif yang terangkat karena menempel pada kertas roti dasar. Balikkan kembali. Oleskan permukaan dengan filling, tata potongan buah segar diatasnya. Gulung. 


Source:  Chao Roll Deco building more! Roll Cake Patterns Book by Junko)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar